Cara Cerdas Menemukan Keunikan Dalam Bisnis Anda
Bayangkan dan pikirkan? Apakah keunikan
bisnis itu penting?
Biasanya, yang unik itu mudah diingat dan
gampang dikenal orang. Kalau gak unik yah biasa2 saja, standar, gak menarik.
Ujung-ujungnya susah dikenal orang. Betul?
Sekarang anda bayangkan, jika hal unik itu
ada pada bisnis anda? Bisnis yang unik, dan menarik tentunya akan mudah dikenal
orang. Semakin unik, semakin menarik, semakin dikenal orang, semakin gampang
berjualan.
Jika bisnis anda tidak ada keunikannya sama
sekali, wassalam saja lah, nantinya bakalan susah dikenal orang kok. Kalau
susah dikenal orang, ujungnya susah menjual. Kalau susah menjual, terus
darimana anda bisa mendapatkan income. Ujung-ujungnya malah bangkrut. Semoga
saja itu tidak terjadi pada bisnis anda.
So, Keunikan bisnis itu memang sangat penting
kan?
Sederhana saja, keunikan bisnis itu harus:
- Menarik bagi target market anda
- Selalu dibicarakan orang
- Susah ditiru orang, sekalinya ditiru nanti bakal kelihatan jelas kalau itu merupakan tiruan
Pertanyaannya adalah, apakah saat ini anda
sudah menemukan keunikan bisnis anda?
Jika sampai saat ini anda belum menemukan
keunikannya, saya akan coba bantu menemukannya. Caranya gampang, hanya menjawab
pertanyaan yang saya ajukan ini. Tenang, ini bukan pertanyaan yang sulit yang
akan keluar saat Ujian Nasional. Bukan itu. Tapi ini pertanyaan yang akan
mencoba membantu menemukan keunikan bisnis anda. Saran saya, jawab pertanyaan
ini dengan detail dan jujur. Jangan dibagus-baguskan, jangan dilebay-lebaykan.
Jujur dan apa adanya, adalah kuncinya.
Pertanyaan Pertama:
“Siapa Pesaing Terberat Anda? TULISKAN !”
Pertanyaan Kedua:
“Apa saja yang sudah mereka lakukan dengan
kinerja yang baik? Serta Apa saja kinerja mereka yang buruk? TULISKAN !”
Pertanyaan Ketiga:
“Bagaimana
pandangan kebanyakan orang tentang pesaing anda itu? TULISKAN!!!”
Pertanyaan
Keempat:
“Apa uniknya
mereka dimata anda dan semua orang?”
Pertanyaan
Kelima:
"Apa yg
mereka bisa lakukan yg tidak bisa Anda lakukan?
Pertanyaan
Keenam:
"Jika
ada satu kalimat yg digunakan oleh pelanggan atau calon pelanggan utk
menjelaskan apa yg Anda lakukan sekarang, itu adalah....."
Pertanyaan Ketujuh:
"Apakah
4 alasan yg membuat pelanggan Anda datang ke tempat Anda dan kompetitor
Anda?"
Pertanyaan Kedelapan:
"Menurut
Anda, dalam 4 cara seperti apakah Anda benar-benar berbeda dr kompetitor
Anda?"
Gimana, sudah
elas kan pertanyaannya? pusing, kan? Tak masalah, pusing itu ciri anda
berfikir. Semakin pusing semakin baik. Dan jika anda sudah bisa menemukan
jawabannya, artinya anda sudah menemukan keunikan dalam bisnis anda.
SELAMAT YA !
Sepatah dua
patah kata teruntuk negeriku Indonesia.
Saya doakan
semoga anda yang membaca tulisan ini menjadi orang sukses dunia akherat.
Salam
Hangat, #JabatErat
PORBIZZ
0 komentar: