Cara Cerdas Menemukan Keunikan Dalam Bisnis Anda

14.50.00 Unknown 0 Comments



Bayangkan dan pikirkan? Apakah keunikan bisnis itu penting?
Biasanya, yang unik itu mudah diingat dan gampang dikenal orang. Kalau gak unik yah biasa2 saja, standar, gak menarik. Ujung-ujungnya susah dikenal orang. Betul?
Sekarang anda bayangkan, jika hal unik itu ada pada bisnis anda? Bisnis yang unik, dan menarik tentunya akan mudah dikenal orang. Semakin unik, semakin menarik, semakin dikenal orang, semakin gampang berjualan.
Jika bisnis anda tidak ada keunikannya sama sekali, wassalam saja lah, nantinya bakalan susah dikenal orang kok. Kalau susah dikenal orang, ujungnya susah menjual. Kalau susah menjual, terus darimana anda bisa mendapatkan income. Ujung-ujungnya malah bangkrut. Semoga saja itu tidak terjadi pada bisnis anda.
So, Keunikan bisnis itu memang sangat penting kan?
Sederhana saja, keunikan bisnis itu harus:
  1. Menarik bagi target market anda
  2. Selalu dibicarakan orang
  3. Susah ditiru orang, sekalinya ditiru nanti bakal kelihatan jelas kalau itu merupakan tiruan

Pertanyaannya adalah, apakah saat ini anda sudah menemukan keunikan bisnis anda?
Jika sampai saat ini anda belum menemukan keunikannya, saya akan coba bantu menemukannya. Caranya gampang, hanya menjawab pertanyaan yang saya ajukan ini. Tenang, ini bukan pertanyaan yang sulit yang akan keluar saat Ujian Nasional. Bukan itu. Tapi ini pertanyaan yang akan mencoba membantu menemukan keunikan bisnis anda. Saran saya, jawab pertanyaan ini dengan detail dan jujur. Jangan dibagus-baguskan, jangan dilebay-lebaykan. Jujur dan apa adanya, adalah kuncinya.
Pertanyaan Pertama:
“Siapa Pesaing Terberat Anda? TULISKAN !”
Pertanyaan Kedua:
“Apa saja yang sudah mereka lakukan dengan kinerja yang baik? Serta Apa saja kinerja mereka yang buruk? TULISKAN !”
Pertanyaan Ketiga:
“Bagaimana pandangan kebanyakan orang tentang pesaing anda itu? TULISKAN!!!”
Pertanyaan Keempat:
“Apa uniknya mereka dimata anda dan semua orang?”
Pertanyaan Kelima:
"Apa yg mereka bisa lakukan yg tidak bisa Anda lakukan?
Pertanyaan Keenam:
"Jika ada satu kalimat yg digunakan oleh pelanggan atau calon pelanggan utk menjelaskan apa yg Anda lakukan sekarang, itu adalah....."
 Pertanyaan Ketujuh:
"Apakah 4 alasan yg membuat pelanggan Anda datang ke tempat Anda dan kompetitor Anda?"
 Pertanyaan Kedelapan:
"Menurut Anda, dalam 4 cara seperti apakah Anda benar-benar berbeda dr kompetitor Anda?"
Gimana, sudah elas kan pertanyaannya? pusing, kan? Tak masalah, pusing itu ciri anda berfikir. Semakin pusing semakin baik. Dan jika anda sudah bisa menemukan jawabannya, artinya anda sudah menemukan keunikan dalam bisnis anda.
SELAMAT YA !
Sepatah dua patah kata teruntuk negeriku Indonesia.
Saya doakan semoga anda yang membaca tulisan ini menjadi orang sukses dunia akherat.
Salam Hangat, #JabatErat
PORBIZZ

0 komentar: